Pages

Jumat, 22 Oktober 2010

Dua Wajah dalam Satu Novel














Bagi penggemar Adrea Hirata sudah tentu tidak asing lagi dengan novel terbarunya dwilogi Padang Bulan. Novel dalam satu buku namun terdiri dari dua cerita yang menceritakan dua garis cerita yang berbeda namun berkelanjutan.
Sebagai pembaca yang haus akan segala hal yang baru. Mudah bosan dengan bacaan yang latah. Dalam novel ini kita akan dimanjakan dengan cerita yang idenya segar. Untuk Novel Cinta di dalam Gelas kita akan dijamu dengan cerita Maryamah dengan kepedihan hidup yang tak pernah membendung semangatnya untuk belajar bahasa inggris, cerita ikal dengan kedai kopi milik pamannya dan sekilas cerita lama Ikal dengan A Ling. Sedangkan untuk novel Padang Bulan kita akan disuguhi lanjutan cerita Maryamah untuk memperjuangkan harkat hidupnya sebagai wanita dalam sebuah pertandingan catur di acara 17 Agustus.
Adrea hirata bisa dibilang pendatang baru dalam kancah dunia sastra. Meski demikian bahasa sastranya sudah terasah dengan baik dan lembut. Gaya bercerita yang lembut membuat pembeca dengan suka rela larut dalam cerita yang ditulisnya. Sistem penulisan mozaik juga membuat novel ini enak untuk dinikmati. Sistem penulisan mozaik memungkinkan antara Bab seperti sebuah puzzle yang terpisah. Sehingga satu bab belum tentu berkaitan dengan bab berikutnya.
Dalam novel ini adrea hirata begitu luar biasa dalam memaparkan secara filosofis sosiologi manusia yang ada disekitarnya. Bagaimana dalam cerita ini dia mengekplorasi semua karakter dengan dalam dan berbeda. Hingga untuk sebagian tokoh dikaikatkan dengan cara meminum dan mengaduk kopi. Bahasa yang diramun dengan jenaka merubah sebuah kajian yang sebenarnya berat menjadi suatu yang menghibur.
Namun novel ini membuat sebagian pembaca tentu bertanya. Harusnya novel dwilogi Padang Bulan adalah lanjutan tetralogi novel laskar pelangi. Bukan novel yang seolah berdiri sendiri dan baru. Walaupun sebenarnya sudah dijelaskan didalam novel oleh Adrea Hirata.
Terlepas dari itu, Novel ini menjadi referensi menarik untuk melengkapi koleksi di rak buku kita. Novel ini akan menjadi hiburan ditengah kejengahan karena kejenakaannya yang menghibur. Maka segeralah berburu novel ini!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar