Pages

Selasa, 09 Maret 2010

24 Jam Penuh Barokah

Islam itu sebuah agama yang paling sempurna. Islam mengatur kehidupan kita dari bangun tidur hingga kita beranjak tidur lagi. Tapi banyak diantara kita yang melupakan atau mungkin masih tidak mengetahui sebenarnya bagaimana tuntunan islam dalam mengatur hal kecil hingga besar yang senantiasa kita lakukan setiap hari. Jadi, semoga uraian singkat yang penulis rangkum dari berbagai sumber bisa membantu pembaca agar mejadikan waktu 24 jamnya menjadi ibadah.

Tidur Bikin Mimpi Indah
Apabila engakau hendak tidur , maka terlebih dahulu wudhulah sebagaimana kau berwudhu jika hendak sholat. Kemudian berbaringlah diatas sisi badanmu sebelah kanan dan ucapkanlah,” Ya Allah..kuserahkan jiwaku kepadaMu, kuletakkan urusanku kepadaMu,dan kusandarkan punggungku padaMu. Sebagai rasa suka dan rasa takut padaMu. Tidak ada tempat bersandar dan tidak ada pula tempat berlindung kecuali padaMu. Aku beriman kepada kitabMu yang Engkau turunkan dan nabiMu yang Engkau utus.” Dan jadikanlah ini sebagai akhir ucapanmu. ( HR Al Bukhari & Muslim, dari Al Barra’ ibn Azib)
Menurut banyak riset bahwa orang-orang cerdas memiliki waktu tidur yang sangat sedikit. Mungkin karena mereka merasa memiliki kewajiban yang tak mungkin sanggup dikerjakan hanya dalam 24 jam. Jadi perlu pengoptimalan waktu sebagai manejemen diri dalam melenjitkan diri dengan potensi agar bisa menyelesaikan kewajiban itu.
Sebelum tidur alangkah baiknya kita mengucapkan doa sebelum tidur:
بِاسْمِكَ اللّهُمَّ أَحْيَاوَأَمُوتُ
Bismikallahumma ahyaa wa bismika aamut ( HR. Bukhari)
Doa ini untuk memasrahkan diri kita atas segala hal yang akan terjadi kita tidur. Kematian itu hanya Allohlah yang tau. Bisa saja Alloh berkenan mengambil nyawa kita ketika kita sedang dalam keadaan tertidur. Jika kita membaca siroh maka banyak sahabat yang mereka mati disaat sedang tertidur yang kebanyakan karena ditikam musuh karena kita dalam keadaan yang tak sadar saat kita tidur. Jadi, doa ini adalah tawakalnya diri terhadap segala qada dan qadar yang akan terjadi.
Ada awal pasti akhir dong. Jadi kalau ada doa sebelum tidur ya pasti ada doa setelah tidur. Doanya sebagai berikut:
اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِى أَحْيَانَا بَعْدَمَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُور
Alhamdulillahilladzi ahyaana ba’da maa amaatana wa alaihin nusyur
Jika kita awali dengan sebuah doa yang memiliki esensi ketawakalan maka doa setelah tidur ini memiliki esensi syukur. Ya sepatutnya lah kita bersyukur setelah diri kita ini dimatikan (tidur) yang dimana kita berada di alam lain. Yang mungkin saja karena asyiknya kita kebablsan hingga kita tak bisa kembali ke dunia nyata. Maka sepatutnya rasa syukur itu kita ucapkan karena ternyata kita masih diberi kesempatan untuk bisa membuka mata kembali dan meniti hari kembali.
Makan Bikin Kenyang

Adab makan
a.Bersihkan kedua tangan agar menghilangkan kuman yang menempel ditangan
b. Duduk tahiyat
c. Awali dengan doa sebelum makan
Bismiilah( HR.Bukahri)
“Dengan menyebut nama Allah”
“ jka Rasulullah disuguhi makanan , beliau mengucapkan: “ Bismillah.” Dan jika telah selesai makan, Beliau berdo’a : “ Ya Alloh, Engaku telah memberi makan , memberi minum, memberi harta, member hidayah dan member penghidupan . Hanya milik Alloh-lah semua pujian, atas semua yang telah diberikan.” ( HR.Imam Ahmad )
Ini versi lengkapnya:
” Allohumma baariklanaa fiimaa rozaqtana waqina’ adzaabannaar”
artinya: ”Ya Alloh, berkahilah semua yang Engkau berikan kepada kami dan jauhkanlah kami dari siksa api neraka”.
d. Jika kita lupa membaca Bismillah maka Rasulullah bersabda:
“ Jika seseorang diantara kamu ketika hendak makan supaya membaca bismallah. Maka jika lupa pada awalnya, hendaknya membaca Bismillah awaalahu wa akhirahu” ( HR. Abu Dawud dan At Tirmidzi)
e. Makan sebelum kenyang dan berhenti sebelum kenyang
f. Ambil makanan dari pinggir bukan dari tengah.
Rasulullah bersabda ,” Berkah itu turun di tengah-tengah makanan , maka makanlah makanan dari tepinya dan jangan makan dari tengah – tengahnya” ( HR.Abu Dawud dan Tirmidzi)
g. Ambil dari yang paling dekat. Amru bin Abi Salamah ra. Berkata, Rasulullah saw bersabda:
“ Bacalah Bismillah dan makanlah dengan tangan kananmu dan dari yang dekat-dekat kepadamu”. (HR. Bukhari dan Muslim)
h. Makan menggunakan tangan kanan. Aisyah ra. Berkata,
“ Adalah tangan Rasulullah saw yang kanan untuk bersuci dan makan, tangan kiri untuk istinja’ dan segala yang kotor” ( HR. Abu Dawud)
i.Sunnahnya menggunakan tiga jari dan memakan yang menempel pada jari hingga bersih. Ka’ab bin Malik ra. Berkata,
“ Saya melihat Rasulullah saw makan dengan tiga jari, jika selesai lalu memakan apa yang masih menempel pada jari-jarinyanya hingga bersih” (HR.Muslim).
j. Kalau sudah selesai makannya harus ditutup dengan doa juga.
Alhamdulillahil ladzii ath’amanaa wa saqoona waja’alana minal muslimin.
artinya: ”Segala puji bagi Alloh yang telah memberi kami makan dan minum dan telah menjadikan kami sebagai muslim”.

Mandi Bikin Bersih
Kalau masuk kamar mandi ayo baca ini dulu, kerana tanpa kalian sadari Kamar mandi itu istananya syetan. Ih serem!!!
Allahuma innii a’uudzubika minal khubuutsi wal khabaa-its
“ Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari segala kejahatan dan kotoran”. (HR. Al Bukhari dan Muslim).

Berpakaian
Ini doa kalau mau pakai baju.
اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِهِ وَخَيْرَ مَاهُوَلَهُ، وَأَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّهِ وَشَرِّمَاهُوَلَهُ. رواه ابن السني عن أبي سعيد الخدري
Artinya :
“Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu kebaikannya (pakaian ini) dan kebaikan yang untuknya ia diciptakan. Dan aku berlindung pada-Mu dari keburukannya (pakaian ini) dan keburukan yang untuknya ia (biasanya) dipergunakan.” (HR. Ibnu Sunni dari Abi Said Al-Khudri).
Kalau mau melepasnya.
اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِهِ وَخَيْرَ مَاهُوَلَهُ، وَأَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّهِ وَشَرِّمَاهُوَلَهُ. رواه ابن السني عن أبي سعيد الخدري
Artinya :
“Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu kebaikannya (pakaian ini) dan kebaikan yang untuknya ia diciptakan. Dan aku berlindung pada-Mu dari keburukannya (pakaian ini) dan keburukan yang untuknya ia (biasanya) dipergunakan.” (HR. Ibnu Sunni dari Abi Said Al-Khudri)
Kalau mau pake baju baru yang masih gres-gresnya juga perlu lo untuk mengucapkan doa, biar berkah baju baru kita itu. Nah, seperti ini doanya.
Allahuma lakal hamdu anta kasautaniihi asaluka min khairihi wa khairi maa shuni’a lahu wa a’uudzu bika min syarrihi wa syarii maa shuni’a lahu.
“ Ya Allah Bagi-Mu segala puji, Engkau –lah yang telah memberikan pakaian ini kepadaku. Aku memohon kepada-Mu dari kebaikan pakaian ini dan dari kebaikan sesuatu yang ada pada pakaian ini. Dan aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan pakaian ini dan dari kejahatan sesuatu yang menyertai pakaian ini.” (HR. Abu Dawud dan At Tirmidzi)

Tolabul Ilmi Bikin Pinter













"Ya Allah berilah manfaat untukku ilmu yang telah Engkau ajarkan kepadaku, dan ajarkanlah aku ilmu bermanfaat bagiku serta tambahkan untukku ilmu. Segala puji bagi Allah atas segala keadaan. Dan aku mohon perlindungan kepadamu dari siksa api neraka.” (HR. Ibnu majah)
Biar afdhol diakhiri dengan doa penutup majelis
سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ ٭﴿ثلاثًا﴾٭
Maha suci Engkau ya Allah, dan segala puji bagi-Mu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Engkau. aku mohon ampun dan bertaubat kepada-Mu.”

Selamat mempraktikan. Semoga bermanfaat!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar