Pages

Minggu, 21 Maret 2010

TOGA, penuh kashiat namun terabaikan


         Toga ( Tanaman Obat Keluarga) bukan istilah yang asing bagi kita mahasiwa pertanian. Aneh malah, kalau kita tak mengetahuinya. Sejak duduk di bangku SD, kita sudah diperkenalkan dengan istilah ini oleh guru kita. Serta diperkenalkan berbagai macam manfaatnya. 

            Apalagi kita di Indonesia, sebuah tanah penuh anugerah yang harus kita selalu syukuri. Indonesia memiliki banyak sekali jenis TOGA. Sebut saja bebarapa yang cukup popular kita dengar antara lain kunir, kencur, kunyit, jahe, temu lawak, temu ireng dll. Banyaknya jenis TOGA itu tak termanfaatkan dengan baik.

Kita ambil ambil salah satu contoh tanaman yaitu Temu Lawak (Curcuma yunnanensis). Temu lawak memiliki khasiat yang berlimpah diantaranya sebagai obat pegel linu, penyakit kuning, dsb. Berbagai penelitian sudah membuktikan kebenaran khasiat yang terkandung dalam temulawak tersebut. Hasil penelitian tersebut umumnya mendukung kerifan budaya nenek moyang kita.

Ketidak pedulian itu yang membuat berbagai macam khasiat itu justru dihasilkan oleh penelitian orang asing. Kita hanya sanggup menjadi pemilik yang termanfaatkan. Oleh sebab itu sudah saatnya kita beraksi nyata. Kita harus lebih peduli lagi. Kita manfaatkan semua hal yang disediakan oleh Alam di negeri kita ini. Jangan terus menjadi pihak yang kecolongan. Yang kemudian gigit jari, ketika Negara lain yang merasakan manfaatnya.

menanam TOGA di pekarangan rumah kita mungkin bisa menjadi alternatif. Bukan hal yang sulit tentunya, perawatan dari beberapa TOGA juga bukan sesuatu yang terlalu sulit dilakukan. Kita nanti akan sanggup merasakan berbagai kenikmatan sekaligus. Rumah kita hijau, bisa menjadi bisnis sampingan bagi kita, serta bisa memperoleh obat gratis dan hanya tinggal memetiknya di lahan pekarangan kita.

Percayalah ini pekerjaan kecil yang menyenangkan dan bermanfaat. Bukan hal yang sia-sia, karena sebuah kotoran hewanpun bisa menjadi bermanfaat ketika dimanfaatkan dengan baik. Jadi mari menanam TOGA!

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar